news-18

Luhut: Pengolahan Sampah Ciptakan Lapangan Kerja Baru

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan sampah adalah masalah serius bagi Indonesia dan dunia. Dia menyatakan masalah ini sangat kompleks dan harus ditangani secara terintegrasi.

Oleh karenanya, Luhut melihat ada peluang pada sektor pengolahan sampah karena dapat menciptakan lapangan kerja. “Penerapan Ekonomi sirkular dalam pengelolaan sampah diharapkan dapat membuka lapangan kerja lebih dari 120 ribu lapangan kerja baru dengan industri daur ulang, serta 3,3 juta pekerja informal pendukung,” kata Luhut saat sambutan Peluncuran Packaging Recovery Organization (PRO) secara virtual, Selasa, 25 Agustus 2020.

Luhut mencontohkan seperti di Lombok, Nusa Tenggara Barat yang sudah mempraktikkan pengolahan sampah yang baik. Dia menceritakan, sistem pengolahan sampah di sana sudah terintegrasi dari mulai mengumpulkan, memilah, serta menjual yang terpusat pada bank sampah.

Menurutnya, sistem tersebut sudah menjadi ekonomi sirkular di Lombok. Luhut pun mengatakan, bank sampah di Lombok telah memberikan manfaat kepada sekitar 2.000 kepala keluarga sebagai mata pencarian. “Mereka telah berhasil memilah, mengumpulkan, serta menjual sampah plastik sejumlah 50 ton per tahun,” kata Luhut.

 95 total views

Share

Social Media

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Pilih Bahasa